Home » Jajanan Pasar » RESEP JAJANAN PASAR KUE LUPIS KETAN

Aneka jajanan pasar lagi neh…Kue lupis ketan, nyummmyyyy…Pasti enak banget nih kalo disajikan di pagi hari sambil dihidangkan bersama secangkir kopi istimewa. Sajian kue lupis ketan hampir sama dengan kue Klepon…Sama-sama kenyal….Lupis terbuat dari bahan dasar ketan, dipadu dengan kelapa parut serta gula jawa (gula merah) yang dicairkan sebagai pemberi rasa manis pada kue lupis ini. Pengen membuat kue lupis ketan sendiri tapi bingung gimana cara membuatnya? Berikut ini earlly kasih resep membuat kue lupis ketan. Baca juga : Aneka Jajanan Pasar ” Klepon “

lupis ketan

lupis ketan

Bahan Kue Lupis Ketan

  • 500 gr ketan putin, rendam kurang lebih 2 jam
  • 2 sdm air kapur sirih
  • Daun pisang untuk membungkus

Bahan Kinca

  • 250 gr gula merah
  • 50 ml air

Bahan Taburan

  • Kelapa yang agak muda, diparut
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan ygang disobek-sobek

Cara Membuat Lupis Ketan

  1. Cuci ketan dengan air, tiriskan
  2. Tuangi air kapur sirih, campur rata
  3. Letakkan 3 sendok makan ketan dalam beberapa lembar daun pisang, bungkus seperti lontong, ikat dengan tali
  4. Rebus selama 3 jam sampai matang
  5. Angkat lupis, tiriskan dan dinginkan
  6. Cara Membuat Taburan : Campur kelapa parut dengan garam dan daun pandan, kukus.
  7.  Cara Membuat Kinca : Gula merah direbus dengan air sampai mengental, beri daun pandan, saring.

TULIS KOMENTAR ANDA !!!




1 + 3 = (Harus Diisi)

  1. Tika 24/11/2012

    Tanks so much,informasinya begitu menarik dan mudah dipahami.

  2. Dewiek pandu 07/12/2012

    sama yah ini dengan kelanting yg biasanya di pasar surabaya warnanya merah

  3. gracesia 20/03/2013

    Bagus juga tuhh tips nyeee lumayan gw bisa tambah pngetauan buat bikin kue lopissss

  4. Mahda helen 24/12/2013

    Mudah ya resepnya ..moga jd kalo sy coba nanti n tidak mengecewakan..